Jumat, 12 Februari 2010

seni berkomunikasi yang baik

banyak cara kita untuk membuat orang tertarik dengan kita, atau bahkan sangat menghargai kita, salah satunya adalah dengan teknik seni berkomunikasi yang baik, apa sih seni berkomunikasi, dan apa perlunya sih kita belajar bagaimana kita berkomunikasi yang baik...

jawaban dari pertanyaan di atas akan segera anda dapatkan di artikel saya yang satu ini, kenapa kita perlu belajar cara berkomunikasi yang baik, padahal secara lahiriah saya berkomunikasi sangat baik, tidak cadel dan juga tidak gagap, tapi apakan itu maksud dari seni berkomunikasi, tentu saja tidak, seni berkomunikasi ini aka memberikan nilai lebih kepada anda dari beberapa orang yang pernah berbicara dengan anda. dengan gaya komunikasi yang baik diharapkan orang lain yang menjadi lawan bicara kita menjadi tertarik dengan apa yang kita ingin sampaikan kepada mereka. apabila anda seorang marketing tentunya anda harus mempunyai keahlian dalam menghadapi para klien atau konsumen yang sedang anda dekati untuk membeli produk anda, atau anda seorang trainner,reporter,penyiar radio, atau bahkan orang biasa sekalipun apabila bisa melakukan teknik ini akan sangat bermanfaat dalam kehidupan mereka contohnya yaitu, anda dapat melancarkan serangan untuk mendapatkan cinta anda,dengan gaya yang asik lawan jenis anda tidak akan bingung dan bosan dengan gaya bicara anda.




nah ingin tau kan gaya seperti apa sih yang bisa merubah gaya bicara anda menjadi semenawan sang punjaga... simaklah beberapa gaya bicara yang sangat ampuh dan dipakai oleh para jurnalis-jurnalis berbakat di dunia..

  1. the art of looking, gaya melihat anda dengan lawan bicara anda  pada waktu anda berbicara dengan lawan jenis adalah penting,itu menandakan anda sangat serius dengan apa yang ingin anda sampaikan kepada lawan bicara anda, penatapan yang baik adalah dengan melihat kedua mata dari lawan jenis anda, bukan menunduk atau menoleh ke kanan dan kekiri,pandangan anda hanya tertuju pada kedua mata lawn jenis anda, tanpa memandang bagian tubuh lainnya jika tidak terlalu penting,karna dengan demikian anda memberikan suatu signal bahwa anda sangat serius dengan apa yang hendak anda sampaikan, tatapan mata anda pun jangan terlalu tajam karna akan membuat lawan bicara anda ketakutan, berilah dia dengan tatapan yang memberikan harapan dan keyakinan, sehingga mereka akan percaya dengan keseriusan anda.
  2. the art of smiling,ada pepatah yang mengatakan bahwa senyum itu ibadah, jadi berilah mereka semyum yang sangat menawan dan sewajarnya, jangan terlalu sering dan jangan juga terlalu berlebihan, standar saja,sesuaikan dengan apa yang menjadi topik pembicaraan anda,dengan melemparkan senyum kepada mereka, lawan bicara anda akan sangat merasa nyaman dan di hormati oleh anda,walaupun mungkin anda baru kenal dengan lawan jenis anda, memberikan senyum disamping mendapatka pahala kata para kyai juga memberikan kenyamanan tersendiri bagi lawan bicara anda.
  3. the art of listening,gaya berkomukasi memang bukan hanya di miliki oleh indra mulut, tetapi juga di miliki oleh indra-indra yang lain, salah satunya adalah seni mendengarkan lawan bicara anda, ingat jangan sekali-kali anda memotong pembicaraan lawan bicara anda dengan spontan, itu menandakan bahwa anda tidak menghargai apa yang menjadi pemikiran dia, jadilah pendengar yang setia dan seksama, itu akan memberikan kepercayaan lebih bagi lawan bicara anda, dengarkan lah sampai habisa dia berbicara baru setelah itu apabila diminta berbicara dan memberi tanggapan barulah anda berbicara.
  4. the art of questioning, seni berkomunikasi ini adalah seni memberikan pertanyaan yang tentu saja di perkirakan bisa di jawab oleh lawan anda, jangan membreikan pertanyaan yang diluar topik pembicaran terkecuali sebagai intermezo sejenak, dan tidak boleh terlalu banyak, berikanlah pertanyaan yang sangat menarik dan santai,jadi lawan anda tidak terlalu dibebani oleh pertanyaan anda.
  5. the art of answering, ya ada pertanyaan juga ada jawaban, begitulah rumusnya dari jaman dahulu,tapi jawaban apa yang sangat dihargai oleh lawan anda ketika mereka memberikan suatu pertanyaan, yaitu jawaban yang singkat jelas dan tepat pada apa yang di tanyakan, tidak terlalu berbelit-belit, langsung saja pada intinya, tapi memang ada beberapa kondisi ketika kita harus memberikan jawaban dengan panjang lebar, bila anda sudah siap dengan jwaban anda utarakan segera, jangan biarkan lawan bicara anda menunggu untuk sebuah jawaban dari anda.
  6. the art of surpising, berilah sedikit kejutan menarik buat lawan bicara anda, kejutan seperti apa yang harus saya berikan,?? ya apa saja, apa saja bisa di jadikan kejutan, apabila anda seorang moderator, berilah kejutan disela-sela pembicaraan anda,berilah kejutan seperti pujian atau benda yang bisa menghibur mereka semua, pujian adalah suatu kejutan yang mungkin tidak disangka-sangka oleh lawan anda.
masih banyak lagi seni berkomunikasi yang baik, sehingga menjadikan bicara anda yang tadinya biasa menjadi lebih menarik... simak terus artikel artikel di dokter cinta lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

beri komentarmu disini...

Translate

CEK ONGKIR

Konversi mata uang